Rabu, 15 September 2010

Madan Comunity

A. Sejarah Masyarakat Madani
Masyarakat Madani adalah masyrakat kota yang secara kronoligis dibentuk ketika Nabi berada di kota Madinah. Dahulu kota Yatsrib(sekarang:Madinah) penduduknya berperilaku jahiliyyah, lalu Nabi Muhammad mengubah persepsi kota tersebut dari jahiliyah menjadi para intelek.

B. Ciri-ciriMasyarakat Madani
Kita lihat ciri-ciri Masyarakat Madani dalam surat Al-Muzammil ayat20 yaitu:
1. Terdidik
فَاقْرَؤُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُatinya bahwa seseorang yang terdidik bukan seorang yang tingkat gelarnya sampai profesor, tetapi orang yang terdidik merupakan orang yang selalu dididik oleh Al-quran, mempelajari al-quran,dan hidupnya tidak jauh dari al-quran.

2.Berstruktur

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَartinya bahwa masyarakat madani mempunya imam yang jelas, makmum yang jelas, dan tujuan imam yang jelas seperti halnya kita melakukan sholat. Dan tidak sembarang orang menjadi imam. Ada syarat untuk menjadi imam, yaitu: Bacaan atau hafalan qurannya, pemahaman dalam memahami al-quran, umurnya, dan bepindahnya pola berpikir.

3. Tersubsidi
وَآتُوا الزَّكَاةَarinya bahwa penduduk masyarakat madani tersebut tersubsidi atau terbiayai untuk kelangsungan hidupnya.

4. Berpenghasilan
وَأَقْرِضُوا اللَّهَ قَرْضاً حَسَناartinya bahwa penduduk masyarakat madani tersebut bekerja keras untuk berpenghasilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar